Menulis bukanlan sebuah bakat, melainkan ketrampilan yang bisa dilatih oleh semua orang. Ibarat orang yang akan menuangkan air ke dalam gelas, maka ia harus memiliki air itu terlebih dahulu agar bisa menuangkan air ke dalam gelas. Lalu apa jadinya bia air belum ia miliki? Mungkinkah ia dapat menuangkan air ke dalam gelas? Begitu juga dengan menulis, ia harus memiliki pengetahuan tentang hal – hal yang akan ia tulis agar ia dapat menulis dengan baik dan kreatif. Ada beberapa tips agar kita bisa menjadi seorang penulis yang baik dan kreatif, yaitu :

  1. Membaca. Janganlah Anda menjadi kutu buku, itu sangatlah tidak baik, tetapi jadilah predator buku (bukan berarti Anda harus memakan buku-buku tersebut) bacalah semua buku yang positif sehingga Anda memiliki ilmu pengetahuan yang luas.
  2. Memilih topik yang Update. Pilihlah topik yang sedang menjadi pembicaraan orang, atau menjadi headline news. atau topik yang belum pernah di tulis orang lain. pasti menarik.
  3. Menulis. Mulailah Anda menulis seseuai dengan gaya menulis Anda. Sesuai dengan kata hati Anda, baik itu gaya menulis formal ataupun non formal. Setiap orang akan meiliki gaya menulis sendiri – sendiri dan buatlah gaya Anda menjadi gaya yang unik.

Itulah sedikit tips agar bisa menjadi penulis kreatis. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *